Puncak Kuta, Hills Trekking

Price

Rp212.500 Rp250.000

Duration

Max People

60

Min Age

10+

Tour Type

Reviews

No reviews yet

Overview

Trippers mau mendaki gunung yang nggak jauh dari Jakarta dan bisa pulang hari? Yup, arahkan saja kendaraan ke kawasan Sentul. Tepatnya, dari exit tol Sentul Selatan ke area parkir mobilnya masih dibutuhkan waktu 1-1,5 jam lagi, melalui jalanan menanjak dan berkelok-kelok yang sebagiannya berupa aspal rusak. Letaknya lebih jauh lagi dari area parkir Leuwi Hejo. Tapi percayalah, segala jerih payah akan terbayar manakala Trippers sudah mencapai Puncak Kuta di ketinggian 1.050 mdpl. Pemandangannya sangat menghibur mata.

Pendakian ke Puncak Kuta memang baru dibuka pertengahan 2019. Wajar kalau masih banyak yang belum tahu di Sentul ada gunung yang bisa didaki. Tepatnya di Desa Cibadak Kecamatan Sukamakmur, Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

MyTrip mengajak 19 orang peserta melakukan pendakian Puncak Kuta pada 11 Oktober 2021 lalu. Sebagian besar sudah biasa trekking, tapi ada beberapa orang yang belum pernah. Tidak ada jalur yang sulit untuk dilewati, tapi memang di beberapa ruas tanjakan demi tanjakan menghadang, membuat napas tersengal. Apalagi jalur pendakiannya rata-rata terbuka, terekspos langsung sinar matahari, membuat kami butuh sering-sering minum.

Dengan jalan santai dan banyak beristirahat, durasi yang kami butuhkan dari lokasi parkir hingga puncak adalah 2,5 jam. Tapi sebenarnya total waktu kami berjalan sampai puncak hanya 93 menit. Istirahat terlama di warung terakhir, sampai 40 menit, karena pemandu menyiapkan teh dan kopi panas untuk kami.

 

Rincian durasi trekking kami sebagai berikut:

- Tempat parkir - gerbang pendakian: 8 menit

- Gerbang pendakian - Pos 1: 2 menit

- Pos 1 - Pos 2: 16 menit

- Pos 2 - warung terakhir: 20 menit (di sini kami istirahat 40 menit)

- Warung terakhir - Bukit Wanapa: 5 menit

- Bukit Wanapa - Pos 3: 22 menit

- Pos 3 - Puncak Kuta: 20 menit

Waktu yang kami habiskan untuk berfoto maupun menikmati pemandangan di Puncak Kuta sekitar 30 menit.

 

Kondisi jalur trekking dan suasana di puncak bisa dilihat di barisan foto-foto berikut.

Setelah puas di Puncak Kuta, kami pun turun tapi nggak langsung ke area parkir, melainkan mampir dulu ke Curug Mariuk. Karena masih berada di satu area, Curug Mariuk memang biasa dimampiri setelah dari Puncak Kuta.

 

Selama kurang lebih 1 jam kami berjalan menembus hutan yang cukup rapat, dengan beberapa kali terseok-seok menuruni jalur yang cukup curam untuk mencapai Curug Mariuk. Kalau menuju puncak kami melewati area terbuka, ke curug kami cukup terbantu dengan jalur yang dominan teduh.

Curug Mariuk aman dan bisa direnangi kalau debit air tak terlalu deras. Beruntung kami mendapatkan kondisi ideal ini. Karena air tak terlalu deras, kolam alami di bawah curug terlihat bening dan kehijauan. Benar-benar menggoda untuk segera diceburi.

Eits… buat yang nggak bisa berenang, cukup mencelupkan kaki di pinggiran aja ya. Karena kolam alami yang salah satu ujungnya dibendung ini dalamnya 4-5 m.

Curugnya sendiri tingginya sekitar 5-6 m. Bisa dinaiki sebagiannya, batunya tak terlalu licin, tapi tetap harus hati-hati.

Bagi penyuka tantangan, naikilah tebing batu di sebelah kanan curug yang tingginya +/-3 m. Dari situ melompatlah ke tengah kolam.

Fasilitas di Curug Mariuk cukup lengkap, ada warung-warung (tapi kalau hari biasa banyak yang tutup), toilet, kamar bilas, mushola, gazebo, dan jembatan untuk memotret curug dari arah depan.

Dari Curug Mariuk kami mampir lagi ke Curug Romantis yang dilalui searah jalur pulang. Berjalan sekitar 20 menit. Curugnya terdapat di area hutan. Sayangnya, karena debit air tidak besar, curugnya jadi tak terlihat menarik. Katanya memang begitu… Kalau Curug Mariuk aman direnangi, berarti air di Curug Romantis kecil. Sebaliknya, kalau air di Curug Mariuk melimpah dan nggak bisa direnangi, maka air di Curug Romantis bagus dan asyik buat direnangi.

Dari Curug Romantis hingga kembali lagi ke parkiran butuh waktu sekitar 1 jam, termasuk istirahat dan tentunya berfoto-foto dengan latar Puncak Kuta di kejauhan. Jam 3 sore kami pun tiba kembali di parkiran. Bisa bilas dan ganti baju di dua toilet yang tersedia.

 

Included/Excluded

  • Specialized bilingual guide
  • Private Transport
  • Entrance fees (Cable and car and Moon Valley)
  • Box lunch water, banana apple and chocolate
  • Departure Taxes
  • Entry Fees
  • 5 Star Accommodation
  • Airport Transfers

Tour Plan

You may like

Reviews

No reviews yet
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Location
  • Amenities
  • Services
  • Price
  • Rooms

Book This Tour

Last Minute Deals

Login

error: Content is protected !!

Layanan Jasa Wisata Sentul dan Trekking di Sentul 

Melayani Private Group, Corporate dan Goverment 

Layanan Jasa : Team Building, Event Organizer, Trekking/Hiking, Camping, Rafting, Paintball, Offroad, Caving

Address

Basecamp : Jl Raya Jungle Land , Babakan Madang Bogor

Virtual Office : CV. Cakarlangit Indonesia

Ruko Permata Tajur Citeureup Bogor

Phone

0813 8453 5500

Email